do follow

25.3.10

Memperbaiki TV Projection Toshiba 43V7DE


Sudah seminggu Televisi Projection Toshiba 43V7DE di rumah mengalami gangguan pada kualitas warna, sebenarnya kualiatas warna sudah kelihatan menurun sejak beberapa bulan yang lalu dimana warna gambar seperti tidak tajam lagi seolah memudar dan yang lebih parah lagi seminggu ini muncul bayangan pada gambar sehingga gambar ataupun teks yang terlihat ada bayangan biru dan merah di belakangnya hingga membuat pusing dan lelah mata bila melihatnya. Padahal sejak dibeli tahun 2006 yang lalu belum pernah TV ini mengalami kerusakan dan baru kali ini ada masalah. Tapi saya kira wajar saja karena TV ini merupakan TV utama yang selau di nyalakan setiap hari dan jika dihitung sudah hampir 4 tahun dipergunakan terus menerus, cape kali ya…he he.

Rencananya pengen diganti sama yang model LCD gitu tapi belum ada uang lagian saya masih suka sama TV ini terutama jika buat nonton sepak bola, karena ukuran layar yang cukup besar yaitu 43”. Jadi dipertahankan saja deh…Sebentar lagi menjelang perhelatan akbar Piala Dunia South Africa 2010, TV harus segera diperbaiki dari sekarang.

Ok kembali ke Laptop (tukul mode on). Masalah kerusakan TV ini, tadinya saya mau perbaiki dengan membawanya ke dealernya langsung cuma terkendala sama waktu juga repot membawanya, saya coba urungkan niat tersebut lagian, garansinya sudah habis jadi kalaupun dibawa ke service resmi juga tetap mesti keluar biaya dan berdasarkan pengalaman saya, selain service yang memakan waktu lama, juga kerusakan yang sebenarnya sederhana bisa jadi seolah parah dan harus ada sparepart yang diganti. Sudah keluar biaya besar juga waktu banyak terbuang percuma. Jadi saya putuskan untuk coba memperbaiki sendiri walaupun resikonya juga besar, sekali lagi modal nekad kalapun gak bisa baru dibawa ke tukang service, hehe. Setelah sekitar seharian membongkar TV itu, akhkirnya TV saya kembali normal dan saya bisa nonton dengan nyaman lagai.

Inilah langkah-langkah perbaikan yang saya lakukan, semoga bisa sedikit membantu bila ada teman yang mempunyai Televisi yang sejenis dengan permasalahan seperti yang saya alami.

• Buka tutup layar televisi depan, jangan takut untuk membukanya karena mesin atau sirkuitnya terletak dibawah, diatas pada bagian layar hanya ada 3 buah lampu proyektor dari bawah yang menyorot pada semacam kaca / cermin yang menempel pada badan TV dibelakang dan memantulkannya pada layar kedepan.
• Untuk memperbaiki warna Anda hanya perlu membersihkan 3 buah lampu proyektor tersebut dan kaca cerminnya saja karena seperti yang saya alami pudarnya warna ternyata akibat dari debu yang menempel pada bagian tersebut sehingga menghalangi cahaya yang dikeluarkan proyektor dan pantulan pada layar. Maklum mungkin sudah 4 tahun TV saya belum pernah di buka dan dibersihkan, jelas setelah dibuka tampak kotor dan berdebu tebal.
• Bersihkan menggunakan kain halus seperti lap kaca mata agar tidak merusak kacanya akibat goresan. Jika debu yang menempel tidak terlalu tebal rasanya sudah cukup dengan cara tersebut, tapi jika sudah cukup tebal dan debu agak sulit untuk dibersihkan gunakan tissue basah lalu segera lap dengan lap kaca tadi agar tidak meninggalkan noda pada kaca. Intinya usahakan bagian kaca cermin dan lampu proyektor bersih.

Jika cuma masalah pudar atau tidak terlalu terang warna dan cahayanya, rasanya langkah diatas sudah cukup dan TV anda bisa kembali normal tapi jika ditambah masalah munculnya bayangan seperti pada TV saya, perlu dilakukan penyetelan ulang ketiga lampu proyektornya karena mungkin pada fokus tembak dari 3 lampu proyektor tersebut sudah mengalami perubahan sehingga titik tembak sudah tidak pas pada satu titik.

Caranya lakukan langkah sebagai berikut :
• Periksa lampu tersebut dan lihat setelan untuk fokus yang ada pada setiap lampu proyektor tersebut. Barangkali ada yang longgar dan kencangkan kembali.
• Tutup layar TV dan hidupkan untuk melihat blur atau tidaknya pada masing-masing warna karena sulit melihat tanpa dilihat dari layar depan. Jka masih blur anda dapat menyetelnya di bawah bagian depan terdapat 6 buah panel untuk menyetel warna dan fokus yaitu 3 untuk warna dan 3 untuk menyetel fokus. Masing-masing warna mempunyai panel sendiri.
• Posisi panel tersebut terletak didepan bawah kanan, disamping speaker. Jika tutup speaker depan dibuka memang tidak kelihatan, karena tertutup dudukan speaker depan/ tutup depan yang biasanya mengguanakan semacam kayu press. Anda harus membukanya dan tepat disamping kanan akan terlihat panel-panel tersebut. Pada buku manual juga biasnya ditunjukan. Coba cek dulu aja posisinya.
• Setel pada bagian fokusnya saja untuk masing masing warna biasanya baris yang bawah.
• Gunakan mode untuk penyelarasan warna pada bagian menu > fungsi>laras penumpuan. Dengan mode ini warna akan lebih kelihatan karena masing-masing warna terpisah satu sama lain yaitu merah, kuning dan biru. Setel masing-masing warna tersebut hingga lebih jelas dan terfokus tajam.
• Setelah dirasa cukup, tutup kembali semuanya.
• Langkah terakhir menyetel pas tidaknya tumbukan ketiga warna tersebut dan ini bisa dilakukan juga dengan menggunakan remote control yaitu masih pada menu > fungsi>laras penumpuan.
• Atur dengan menggunakan remote control hingga ketiga warna tersebut pas saling menumpu atau menyatu dengan warna lainnya yang apabila telah pas penyatuan ketiga warna tersebut menjadi putih.

Yup..selesai sudah service TV ku, lumayan ternyata dengan sedikit nekat gak perlu keluar biaya sepeserpun dan Saya bisa kembali menonton TV dengan nyaman.

Peluang Bisnis Modal Minimal Hasil Maksimal Bonus Profit 3X Sehari setiap hari  ««  KLIK DISINI   «« 

Baca juga yang ini



Comments :

33 komentar to “Memperbaiki TV Projection Toshiba 43V7DE”

asyik....sekarang bisa nonton piala dunia dengan nyaman....

narti said...
on 

makasih sharingnya, walaupun gak punya TV yg sama.
semoga bermanfaat buat yg lainnya.

sda said...
on 

Senengnya bisa nonton Tv lagi ya mas.

Pasang Iklan Baris said...
on 

dari mencoba sendiri akhirnya bisa juga.

Baris Iklan said...
on 

saya gak punya TV sebesar ini :)

Anonymous said...
on 

belajar darimana mas kok bisa service tv sendiri

cara buat duit said...
on 

sama dgn tv saya mas, udh 2 hari bisa hidup tapi warnanya seperti siaran di malam hari (gelab). Tapi gak berani coba nih service sendiri nih... bisa bantu service ??? hehehehe

Muhammad Yusuf said...
on 

Belajar dari mana mas

Cara Membuat Facebook said...
on 

luar biasa ya mas bisa perbaiki sendiri

Jasa Seo said...
on 

wah mas hebat bisa perbaiki tv sendiri

mobil pengantin said...
on 

memperbaiki tv padahal agak susah namun mas bisa .hebat ya

Jual Link said...
on 

Boss....
Makasih banyak atas Tips nya yg super Duper berguna banget... pertama2 memang bingun cara ngelepasnya coz ane buta soal elektronik tp nekat aja main buka eh keliatan tuh 3 lampu dah dekil bin kumel , ane bersihin pake minyak kayu putih dan langsung ane elap.. langsung klinclong, ane tutup lagi cover TV na... wowwwww harap2 cemas takut gagal ternyata TV ane yg hampir ane jual , gak jd ane jual krn Gambarnya Super Kinclong & Jernih spt baru lg.. memang dalem TV nya dekil bin kumel.. makasih gan tips nya...

My Profil said...
on 

good job tipsnya mas

lowongan pekerjaan said...
on 

salam kenal mas

Perawatan Wajah said...
on 

Makasih...dicoba ah, btw bukanya gampang gak mas?

handhika_p said...
on 

wah agak sulit sebenarnya ya klao yang belum berpengalamanmemberbaiki TV, banyak komponen yang sulit di temukan dan salah satunya memang lampu LED

Lampu LED said...
on 

Terima Kasih Atas Infonya

Yuni Tanjung said...
on 

Perlu di coba nech.. Kbetulan tv drmh samsung projection 50v9ue gambarnya dah agak bureum jeung ngabayang., moga ja dalamnya gk jauh beda dgn tipe yg akang punya. Nuhun pisan info kang.

Unknown said...
on 

wah perlu dicoba nih..cmn merknya 43D8UXE

Tristan said...
on 

bg,saya punyatv TOSHIBA QUADRO besarnya seperti tv yg diatas tp kondisi mati. lampu standby merah masih mau menyala. tp saat di klik start chanel, lampu hijau berkedip2 sekitar 40dtk. minta saran servisnya bg..
tks

Sendi David Wijaya said...
on 

Mas mo nanya, tv sy ud beres fokus n warnanya tp masih terkendala penyetelan penumpuan warna yg merah gak bisa kekiri yg biru dan kuning ud pas,,, makasih

agung_kampungan said...
on 

Minta nomernya bang, mau konsul..

Anonymous said...
on 

Numpang ya min ^^

Bonus New Member 50%!!! Bukan server IDN maupun PokerV! Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker,com! Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku, dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker,com!

WHATSAPP : +855966139323
BBM : KENARI00
LIVE CHAT : KENARIPOKER,COM
ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER,COM

cindy armaya said...
on 

Numpang ya min ^^

Bonus New Member 50%!!! Bukan server IDN maupun PokerV! Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker . com! Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku, dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker . com!

WHATSAPP : +855966139323
BBM : KENARI00
LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

ranni putri said...
on 

wagalasehh...mantab banget min
Lampu servis hp

Shikamaru Nara said...
on 

Tv proyektor Toshiba model 43v9ue saya protek lampu led nya nyala merah hijau berkedip

Unknown said...
on 

Mohon bantuannya Ada yg jual flyback tv toshiba 43inch proyektor kayak gambar diatas gak.?

Klo ada ini nomer tolong dihubungi ya. Terima kasih

Unknown said...
on 

Gan minta bantuan, kalo masih ada trafo flyback tv proyektor crt Toshiba type TFB3092AD buat tvp 43V9UE. Tks
(WA 081338400811)

DOMINO said...
on 

Gmn gan klo tv saya gk kluar gambar.. Power idup. Mohon pncrahan nya. (08988591791)

Unknown said...
on 

Sy msh simpan pswt TV model ini,tp hny jika utk karaokean,utk harian sdh pake yg LCD, di eman² soale buat kenangan,jaman blm era digital sprti skrg.hehe...

Unknown said...
on 

Boleh tanya bang sya punya tv projector sony cari Flyback tv sony projector 8-598-848-10 dimana ya? Karna sy cari gk ada yg jual

Dwikyw said...
on 

Ataukah punya data persamaan fly backnya sesama tuser?

Dwikyw said...
on 

Tv proyektor kok dilayar depan berkotak 8. Samar sih cuma pasti mengganggu. Mohon pencerahannya master...

Unknown said...
on 

Post a Comment

Your Comment here

Article List

9 Tips Agar Hidup Lebih Bahagia

Teori Tentang 5 Orang (Baca, Renungkan dan dapatkan Pesan Berharga)

5 Tips Wujudkan Mimpi Dalam 30 Hari

Rahasia Jabat Tangan untuk Meraih Kesuksesan

Keajaiban Marci Shimoff – “Give – Away Game”

SUKSES ADA DI PIKIRAN ANDA

TDW Mastery - Membuat Nilai Tambah dalam Bisnis

5 Tips Sederhana Tingkatkan Kepercayaan Diri

Berkawan Dengan Bencana

Dahsyat!! Bisnis Ini Telah Menghasilkan Rp. 1.000.000,-

Temukan Alasan Terkuat Untuk Menang

Ada Raksasa Dalam Diri Kita

Ingin Sukses dan Kaya Raya seperti Aristotle Onassis?

Memperbaiki TV Projection Toshiba 43V7DE

Hadapi dengan Senyuman

Cara Mudah Meningkatkan Daya Ingat Kita

Rahasia Pintar Orang Yahudi

Pengingkaran diri dalam kehidupan sehari-hari

Apakah EQ atau Kecerdasan Emosi itu?

Kisah Dua Orang Pegawai

The Power Within (Kekuatan didalam diri Anda)

Saat Kalian Tertidur…..

Sukses Dimulai Dengan Keharusan

Gempa Bumi Tasikmalaya dan Introspeksi Diri

Si Pencuri Kue

Coba Renungkan Puisi Ini…

Aku Mau Mama Kembali - Sebuah kisah teladan dari negeri China

Enyahkan Mitos yang Menghambat Anda

Dua Konsep Kesuksesan ini Harus Seimbang

Hukum Pygmalion (Hukum Berpikir Positif)

Menunggu Sampai Benar-benar Terasa Sangat Menyakitkan.

Apa Pekerjaan Anda?

Failure (Kegagalan)

Mbah Surip, Biarkan Indonesia Mengenang Mu

Waktu (Tidak) Akan Menyembuhkan

2 Kunci Sukses Sederhana

Bersyukurlah atas dirimu apa adanya...

Membeli kebahagiaan dengan uang, cukupkah?

Visualisasikan Tujuan dan Keinginan Anda

5 Pembunuh Motivasi

Pilihan ada ditangan Anda

Indonesia Ku, Teror, Bom Bunuh diri dan Kuatnya Pengaruh Kata-kata

Nyanyian Seorang Kakak

Promise Yourself (Berjanjilah pada Dirimu)

Luangkan Waktu Untuk Relaksasi

Berhentilah Berdalih

Blog ini sudah DoFollow

Stop DREAMING Start ACTION

Awali Hari dengan Lagu Penggugah Semangat

Hati-hati dengan Comfort Zone

Melepaskan Sakit Hati

Kesempatan Kedua (Second Chance)

Prita Mulyasari Korban Arogansi Keadilan dan Kemanusiaan

Membayar Harga untuk Sukses

Jadilah Yang Terbaik

Tiga Kata Ajaib (The Three Magic Words)

Make Your Dreams Come True

Mengatasi Error Pada Acer Aspire 4315

Award dari Sahabat

Anything Is Possible

US$ 100,000 Success Secret

Rahasia Menciptakan Keberuntungan

Membangun Motivasi Diri

Template Modif Magazine R1-2 Kang Rohman

Gatutkaca Juga Punya Cinta

Orang Tangguh Pantang Mengeluh

Nasehat elang kepada anaknya

Siapa Yang Mendorong Saya ?

Mengejar Impian atau Mengejar Mimpi ?

Petuah Seorang Indian Kepada Anaknya

FOKUS..FOKUS..FOKUS

Mempercantik Tampilan Blog

Syeh Puji Antara Pedofil dan Rahasia Kekayaan

Kisah Ponari Sang Dukun Cilik dari Jombang dan Kaitannya dengan Efek Sugesti

Sekilas Tentang The Secret

Blog Archive