do follow

4.6.09

Prita Mulyasari Korban Arogansi Keadilan dan Kemanusiaan


Tulisan ini dibuat hanya sebagai wujud rasa simpati kepada ibu Prita Mulyasari yang saya anggap telah menjadi korban ketidakadilan di negeri tercinta ini dilihat dari kaca mata kemanusiaan. Berat rasanya kalau tidak di ungkapkan dan saya hanya berkaca pada diri pribadi bagaimana jika hal itu menimpa istri atau atau saudara kita. Akankah kita bisa menerima keadaan ini? apalagi jika dilihat seorang ibu dengan dua anak yang masih kecil harus mendekam di penjara hanya karena curhat di email tentang keluhanya di berobat di RS Omni International, Tangerang akan berkahir dengan kasus berkepanjangan. Semoga saja tulisan ini tidak menjadi boomerang buat saya dan terjerat UU ITE… Hik…...takuuut…...he he....

Saya kira inilah realita sesungguhnya dari tatanan hukum dinegeri ini yang mengakibatkan terenggutnya kebebasan mengeluarkan pendapat dan menunjukan betapa kuatnya orang besar dimata hukum sehingga dengan mudah dan tanpa kajian yang dalam, penyidikan terlebih dahulu langsung menggelandang ibu prita kedalam tahanan dan tanpa sempat berpamitan kepada kedua anaknya yang masih memerlukan ibunya bahkan saat di tahanan tidak di perbolehkan sejenak pulang untuk menjenguk anaknya…..?.

Tiga minggu dia dibui karena dianggap melanggar Pasal 310 KUHP tentang pencemaran nama baik dengan ancaman hukuman 1,4 tahun penjara, Pasal 311 KUHP tentang pencemaran nama baik secara tertulis dengan ancaman 4 tahun penjara, serta Pasal 27 Ayat 3 UU ITE dengan ancaman 6 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar. Ancaman pidana Pasal 27 Ayat 3 UU ITE itu tidak main-main. Ibu rumah tangga penulis e-mail itu diancam penjara hingga enam tahun! Busyeet ..Gilee bener sampai terjerat 3 pasal berlapis sekaligus.

Bersukurlah karena pada Rabu (3/6) sore, ibu Prita telah keluar dari Lembaga Pemasyarakatan Wanita Tangerang, meskipun berstatus tahanan kota karena masih menunggu sidang kasus pidananya yang akan mulai digelar di PN Tangerang pada Kamis (4/6).

Miris, marah dan geram jika menyimak rangkaian kejadian kasus ini dimana keadilan berpihak hanya kepada kaum yang kuat saja sedangkan yang kecil hanya bisa pasrah meratapi ketidak adilan ini.

Bila saja RS Omni mau lebih bijak menaggapi kasus ini, seharusnya, Rumah Sakit Omni Internasional melakukan peningkatan pelayanan atau memberikan hak jawab, bukan memperkarakan kasus pencemaran nama baik. Disinilah letak arogansinya dan bahkan seolah-olah tidak mau mengakui kesalahan.

Contoh kasus yang sama juga terjadi di Amerika Serikat tetapi penanganan kasusnya sangat bertolak belakang dengan Rumah Sakit Omni Internasional. Meskipun bukan kasus rumah sakit tetapi mungkin bia dijadikan cermin penanganan kasus tentang keluhan konsumen. Ketika itu, seorang profesor di Universitas Michigan, Jeff Ravis, menulis surat terbuka ke Michell Dell, pendiri Dell Computer.

Isi surat terbuka tersebut adalah keluhan pelayanan purnajual yang mengecewakannya. Dari Pihak Dell. Pihak Dell tidak memperkarakan Jeff, tetapi justru merekrut belasan orang untuk menangani keluhan tersebut.

Seharusnya, itu yang harus menjadi contoh bagi pelayanan publik, untuk memberikan layanan yang baik bagi konsumen dan keluhan melalui media elektronik seperti email atau internet seharusnya merupakan bagian dari tindakan kontrol masyarakat atas amburadulnya pelayanan publik di negara ini.

Sedangkan tentang UU ITE banyak kalangan menilai bahwa passal tetang pencemaran nama baik merupakan pasal karet atau sampah dan memang perlu mendapat revisi karena nantinya hanya akan memasung kretaifitas dan kebebasan bersuara serta hanya membungkam hak kemerdekaan mengeluarkan pendapat.

Hmmm....terlepas dari UU ITE, Kasus yang dialami Prita Mulyasari mencerminkan lemahnya perlindungan terhadap pasien. Pasien selama ini dimaknai hanya sebagai obyek industri kesehatan, bukan subyek yang harus dibantu. padahal UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen menjamin setiap warga negara sebagai konsumen untuk menyampaikan keluhannya. Apakah Pasien tidak sama dengan konsumen????

Kembali pada masalah penahanan, apakah ada unsur mafia peradilan yang terlibat disini sehingga para pemegang kekuasaan seperti kepolisian dan kejaksaan tidak memperhatikan hak-hak asasi manusia, hak anak, mengingat Ibu Prita masih mempunyai anak balita lalu mengambil tindakan sewenang-wenang? Entahlah…. masyarakat juga bisa menilainya sendiri dan semakin kritis karena telah banyak contoh akibat kesewenang-wenangan peradilan di negeri ini. Yang jelas sebenarnya masih banyak kasus serupa Prita yang belum terekspos kemuka publik karena ketidak berdayaan dan ketakutan sebagian besar masyarakat kecil jika harus berurusan dengan orang besar.

Beruntunglah ibu Prita bisa menulis email atau setidaknya melek tekhnologi sehingga masyarakat luas bisa mengetahui dan menilai bahkan bereaksi terhadap kasus ini. Semoga dukungan moril dari banyak pihak dapat membuka mata hati dan kemanusiaan para petinggi kita bagi masyarakat kecil yang membutuhkan keadilan .

Bagi Capres dan Cawapres semoga saja tidak dijadikan ajang menarik simpati dan tebar pesona serta kampenye terselubung aja ya he he….

Source image: www.ilovephilosophy.com


Peluang Bisnis Modal Minimal Hasil Maksimal Bonus Profit 3X Sehari setiap hari  ««  KLIK DISINI   «« 

Baca juga yang ini



Comments :

42 komentar to “Prita Mulyasari Korban Arogansi Keadilan dan Kemanusiaan”

Tak sepantasnya pihak rumah sakit bersikap begitu, seharusnya mereka selesaikan secara baik2

Deddy Linggau said...
on 

paling ga kita jadi tahu gimana profesionlisme nya RS Omni.. mereka justru jadi mencemarkan nama baiknya sendiri.. hahahha.. :D

Blogger Magazine said...
on 

semoga yang benar mendapat rahmatNya

anggaarie said...
on 

Pihak Kejagung sudah mengakui bahwa jaksa yg menangani kasus ini bertindak tidak profesional, krn memasukkan pasal 27 ayat 3 UU ITE No. 11 Tahun 2008.

mudah2an Ibu Prita bisa segera dibebaskan.
dan UU ITE segera di review...

Bebaskan Prita!

budiawanhutasoit said...
on 

Sebenarnya siapa yang arogan, Wakil rakyatkah, Pemerintahkah ataukah peraturan itu sendiri?

Luacis said...
on 

@DediLinggau,Bloggermagazine, anggaarie>Terimakasih
@budiawanhutasoit>Iya mudah2an segera dibebaskan, terimakasih.
@Luicas>Semua bisa menilainya sendiri, dalam kasus ini saya gak menunjuk wakilrakyat atau pemerintah, sedangkan peraturan karena dianggap pasal karet maka bisa ditafsirkan berbeda beda, seandainya Anda baca tulisan diatas, sy sebutkan letak arogansinya menurut pemahaman sy yg awam. Satu lagi di Indonesia akan selalu ada alasan untuk mendahulukan pasal-pasal pencemaran nama baik, seperti yang dilakukan RS Omni International terhadap Prita.
Terimakasih Semoga Anda sehat sejahtera.

#Bara said...
on 

Bagi Capres dan Cawapres semoga saja tidak dijadikan ajang menarik simpati dan tebar.

jangan cuma menarik simpati ajah,, masih banyak prita prita yang lainnya...

KlikDana said...
on 

Semoga segera cepat terselasaikan masalah ibu prita ini,,, amin

Kharianto said...
on 

sayamah mo ngomentarin kalimat terakhir kang
"Bagi Capres dan Cawapres semoga saja tidak dijadikan ajang menarik simpati dan tebar pesona serta kampenye terselubung aja ya he he…" ==> kalai kejadiannya setahun yang lalumah pasti adem2 wae lah pasti...

semar said...
on 

Demo aja bang...!!!
ribuan anak blogger siap membantu

Panca said...
on 

Sebagai Blogger aku juga turut prihatin dengan kejadian yang menimpa Blogger Indonesia...

Pixel said...
on 

itulah potret negriku, walau begitu, aku kan tetap di sini, habis kemana lagi..???, sebagai blogger aku prihatin, semoga peradilan yang masih berjalan berujung bahagia buat Ibu Prita,

buat kang kembara.. tulisan yang mantaff...

Pawewet said...
on 

Blogwalking @ afternoon, happy blogging, visit me back ok.

Novian said...
on 

Yaaaaaaaaah begitulah kang nasip kita orang kecil selalu tertindas dengan kuku2 besi,tapi nich kang ada pepatah terutama buat penegak hukum dinegri ini, sepandai pandai tupai melompat pasti dia jatuh juga, iyakan kang

Dani said...
on 

semoga saja kejadian tsb tidak terulang utk yg lain

Festival Museum Nusantara said...
on 

mudah-mudahan tidak ada kasus seperti ini lagi.

Pasang Iklan Baris said...
on 

TIKET PESAWAT MURAH | Kamera CCTV | Wireless Portable Sound System | HARGA EMAS | LOGAM MULIA

Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah
Bejubel Market Place Terbaik Indonesia
Ezytravel - Shanghai Modern Taikang Lu
Ezytravel - Mengalami Empat Musim Di Australia Great Ocean
Ezytravel - 15 Tempat Menarik di Cina Yang Bukan Tembok Besa
Ezytravel - Jatuh Cinta Pada Pulau Jeju

Tiket Pesawat Murah said...
on 

Temulawak | Packaging Solution | UPVC WINDOW | Kamera CCTV | Jual CCTV | Pasang CCTV | Minuman Suplemen | Tiket Pesawat Murah

r1baca1 said...
on 

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

cara mengobati batu ginjal said...
on 

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

menyembuhkan batu ginjal said...
on 

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

gejala batu ginjal said...
on 

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

infeksi saluran kemih said...
on 

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

penyebab batu ginjal said...
on 

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

menghilangkan bau badan said...
on 

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

bau kaki said...
on 

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

bau ketiak said...
on 

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

tips menghilangkan bau badan said...
on 

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

obat bau badan alami said...
on 

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

batu kristal penghilang bau badan said...
on 

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

harga dermatix ultra said...
on 

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

cara menghilangkan bekas luka lama said...
on 

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

penghilang bekas luka said...
on 

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

bekatul said...
on 

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

biduran pada anak said...
on 

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

obat biduran alami said...
on 

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

cara buat blog said...
on 

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

cara membuat situs said...
on 

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

bikin web said...
on 

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

bisnis di internet said...
on 

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

cara membuat ebook said...
on 

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

peluang bisnis online said...
on 

kunjungi balik yaaa :)
Obat Wasir Ampuh
Cara mengobati Wasir
Obat Ambeien
Obat Wasir Pria Dan Wanita

Obat Wasir said...
on 

Post a Comment

Your Comment here

Article List

9 Tips Agar Hidup Lebih Bahagia

Teori Tentang 5 Orang (Baca, Renungkan dan dapatkan Pesan Berharga)

5 Tips Wujudkan Mimpi Dalam 30 Hari

Rahasia Jabat Tangan untuk Meraih Kesuksesan

Keajaiban Marci Shimoff – “Give – Away Game”

SUKSES ADA DI PIKIRAN ANDA

TDW Mastery - Membuat Nilai Tambah dalam Bisnis

5 Tips Sederhana Tingkatkan Kepercayaan Diri

Berkawan Dengan Bencana

Dahsyat!! Bisnis Ini Telah Menghasilkan Rp. 1.000.000,-

Temukan Alasan Terkuat Untuk Menang

Ada Raksasa Dalam Diri Kita

Ingin Sukses dan Kaya Raya seperti Aristotle Onassis?

Memperbaiki TV Projection Toshiba 43V7DE

Hadapi dengan Senyuman

Cara Mudah Meningkatkan Daya Ingat Kita

Rahasia Pintar Orang Yahudi

Pengingkaran diri dalam kehidupan sehari-hari

Apakah EQ atau Kecerdasan Emosi itu?

Kisah Dua Orang Pegawai

The Power Within (Kekuatan didalam diri Anda)

Saat Kalian Tertidur…..

Sukses Dimulai Dengan Keharusan

Gempa Bumi Tasikmalaya dan Introspeksi Diri

Si Pencuri Kue

Coba Renungkan Puisi Ini…

Aku Mau Mama Kembali - Sebuah kisah teladan dari negeri China

Enyahkan Mitos yang Menghambat Anda

Dua Konsep Kesuksesan ini Harus Seimbang

Hukum Pygmalion (Hukum Berpikir Positif)

Menunggu Sampai Benar-benar Terasa Sangat Menyakitkan.

Apa Pekerjaan Anda?

Failure (Kegagalan)

Mbah Surip, Biarkan Indonesia Mengenang Mu

Waktu (Tidak) Akan Menyembuhkan

2 Kunci Sukses Sederhana

Bersyukurlah atas dirimu apa adanya...

Membeli kebahagiaan dengan uang, cukupkah?

Visualisasikan Tujuan dan Keinginan Anda

5 Pembunuh Motivasi

Pilihan ada ditangan Anda

Indonesia Ku, Teror, Bom Bunuh diri dan Kuatnya Pengaruh Kata-kata

Nyanyian Seorang Kakak

Promise Yourself (Berjanjilah pada Dirimu)

Luangkan Waktu Untuk Relaksasi

Berhentilah Berdalih

Blog ini sudah DoFollow

Stop DREAMING Start ACTION

Awali Hari dengan Lagu Penggugah Semangat

Hati-hati dengan Comfort Zone

Melepaskan Sakit Hati

Kesempatan Kedua (Second Chance)

Prita Mulyasari Korban Arogansi Keadilan dan Kemanusiaan

Membayar Harga untuk Sukses

Jadilah Yang Terbaik

Tiga Kata Ajaib (The Three Magic Words)

Make Your Dreams Come True

Mengatasi Error Pada Acer Aspire 4315

Award dari Sahabat

Anything Is Possible

US$ 100,000 Success Secret

Rahasia Menciptakan Keberuntungan

Membangun Motivasi Diri

Template Modif Magazine R1-2 Kang Rohman

Gatutkaca Juga Punya Cinta

Orang Tangguh Pantang Mengeluh

Nasehat elang kepada anaknya

Siapa Yang Mendorong Saya ?

Mengejar Impian atau Mengejar Mimpi ?

Petuah Seorang Indian Kepada Anaknya

FOKUS..FOKUS..FOKUS

Mempercantik Tampilan Blog

Syeh Puji Antara Pedofil dan Rahasia Kekayaan

Kisah Ponari Sang Dukun Cilik dari Jombang dan Kaitannya dengan Efek Sugesti

Sekilas Tentang The Secret

Blog Archive