do follow

11.11.10

Berkawan Dengan Bencana


Musibah beruntun tengah di melanda negeri kita tercinta ini, Indonesia. Sebuah negeri yang katanya Jambrud di Khatulistiwa ternyata mempunyai potensi bencana yang cukup banyak. Tengoklah mulai dari bencana gempa yang kerap terjadi di negeri ini hingga letusan gunung berapi. Belum lagi bencana yang diakibatkan dari ulah manusia seperti banjir dan longsor bahkan Lumpur. Belum kering air mata akibat bancana banjir tanah longsor di Wasior Papua, gempa yang didiringi tsunami menerjang Kepulauan Mentawai dan yang terakhir yang hingga saat ini masih berlangsung yaitu Letusan gunung merapi yang entah sampai kapan akan berhenti walupun intensitasnya sudah menurun, letusan sudah berkurang, erupsi awan panas juga berkurang, tapi status masih awas karena energinya masih banyak.

Namun dari semua bencana yang terjadi itu, tidak cukup kita hanya melontarkan pertanyaan mengapa? Atau hanya sekedar menyalahkan alam itu sendiri. Tidak bisa seperti itu!! Ini tanah kita, tempat hidup kita.

Seharusnya kita berfikir semakin matang dan arif menyikapi bencana yang akhir-akhir ini sering melanda negeri kita. Kita tidak pernah tahu kapan bencana datang namun yang jelas kita berada dan hidup di negeri yang memang menyimpan potensi bencana yang banyak. Seperti yang kita ketahui dibanyak buku pelajaran geologi bahwa Negara kita adalah Negara kepulauan yang terletak di kawasan episentrum gempa bumi karena dilintasi oleh patahan kerak bumi lanjutan patahan kerak bumi dari pulau Sumatera, yang berada dilepas pantai selatan pulau Jawa.

Posisi Indonesia yang terletak di antara pertemuan tiga lempeng bumi yang besar yaitu Eurasia, Samudra Pasifik, dan Indo-Australia membuat perairan laut di sekitar kita sering mengalami gempa bumi belum lagi termasuk dalam Cincin Api Pasifik atau Lingkaran Api Pasifik (bahasa Inggris: Ring of Fire) adalah daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km. Daerah ini juga sering disebut sebagai sabuk gempa Pasifik.

Sekitar 90% dari gempa bumi yang terjadi dan 81% dari gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang Cincin Api ini. Daerah gempa berikutnya (5–6% dari seluruh gempa dan 17% dari gempa terbesar) adalah sabuk Alpide yang membentang dari Jawa ke Sumatra, Himalaya, Mediterania hingga ke Atlantika.

Berdasarkan hal itu maka tentu saja otomatis Negara kita adalah Negara yang memang rawan bencana gempa baik berupa gempa tektonik maupun vulkanik. Maka dari itu kita sepatutnya harus sudah mengerti akan kondisi alam kita bahwa bencana semacam itu tentu akan kerap terjadi dan harus selalu siap kita hadapi. Mau tak mau pada akhirnya kita harus berteman dengan bencana itu sendiri, berusaha hidup berdampingan dengan bencana.

Seperti layaknya sebuah pertemanan, kita manusia yang lebih banyak di beri akal untuk berpikir, harus dapat memahami karakteristik alam tempat tinggal kita. Kita tahu alam telah memberi begitu banyak kekayaan untuk kita. Tanah bekas abu vulkanik menjadi tanah subur. Namun harus tahu juga bahwa dibalik kebaikannya, alam kita mempunyai karakter keras dengan berbagai bencana yang bisa ditimbulkannya.

Lalu harus seperti apa sikap kita?

Ilmu Pengetahuanlah jawabannya..

Seharusnya dari berbagai bencana yang telah menimpa kita, masyarakat harusnya lebih tahu dan mau belajar dari setiap bencana yang datang tentunya untuk menghindarkan kita dari banyaknya korban jiwa yang mati sia-sia karena bencana. Dukungan pemerintah dalam hal ini sangat diperlukan bukan hanya untuk evakusai atau sekedar bantuan makanan saja namun yang lebih penting adalah segera dibangunnya pusat-pusat informasi yang lebih dekat ke daerah masyarakat rawan bencana dan membeikan penyuluhan bagi masyarakat desa yang sebagian besar belum mengerti tentang cara menangulangi atau menyiasati bencana agar tidak memakan banyak korban. Teknologi sebagi system peringatan dini bila akan terjadi bencana seperti letusan gunung , Gempa dan Tsunami harus semakin dikembangkan.

Belajar dari Jepang

Jepang merupakan negara yang sering mengalami gempa. Kasus-kasus gempa di Jepang tergolong besar, sementara gempa kecil sudah merupakan menu rutin masyarakat Jepang. Bagaimana kita belajar dari mitigasi bencana gempa di Jepang?

Kita bisa terapkan model penanganan gempa di Jepang dengan karakteristik bencana seperti yang terjadi di Negara kita seperti bila terjadi Letusan Gunung berapi.

Model pembangunan pasca Bencana baik itu berupa bencana Gempa atau Letusan Gunung yaitu :.

Pertama adalah langkah penyelamatan dan pemulihan.

Kedua, adalah rekonstruksi.
Rekontruksi yang dimaksud bukan hanya pembangunan rumah tinggal, sarana dan prasarana saja tetapi lebih pada rekontruski yang terencana dengan membuat master plan rumah tinggal, tata kota dan fasilitas umum yang dapat menghindari kita dari ancaman bancana yang bisa datang setiap saat. Misalnya dengan membuat dan mensosialisasikan pembuatan rumah tahan gampa, atau jika diperlukan membuat bungker keselamatan, membuat akses jalan darurat bila terjadi bencana tau apapun itu yang sekiranya dapat meyelamatkan warga dari ancaman bencana.

Contohnya Pada Juli 1995, pemerintah Jepang baru mengeluarkan Hyogo Phoenix Plan, yang tidak saja mengembalikan infrastruktur dan pelayanan sebagaimana sebelum gempa. Lebih dari itu, mereka berorientasi pada creative reconstruction yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan era baru dan masyarakat matang (drive to maturity). Tampaknya mereka meminjam kerangka Rostow dalam model pembangunannya. Mereka punya visi ''mewujudkan masyarakat baru menyongsong abad 21, dan menciptakan kota tahan gempa sehingga warga bisa merasa confident''.

Yang jauh lebih penting adalah cita-cita mature society tersebut, dimana upaya membangun creative civil society yang berbasis kerja sama antara warga dan pemerintah menjadi visi besarnya. Termasuk dalam rekonstruksi ini warga dilibatkan dengan diberi kesempatan membentuk Komite Rekonstruksi yang didampingi konsultan profesional. Mereka sebagai mitra pemerintah dalam rekonstruksi ini. Sehingga, langkah pertama pemerintah dalam rekonstruksi ini adalah mengundang warga mendiskusikan proyek rekonstruksi fisik. Baru pada tahap kedua diskusi sosial-ekonomi.

Dalam tiga tahun, seluruh infrastruktur, seperti jalan, rel kereta api, dan sarana komunikasi lainnya selesai, dan bahkan jauh lebih bagus dari sebelumnya. Begitu pula lapangan kerja dan perumahan baru telah dibuka, serta creative civil society terbentuk. Dan, dari survey terhadap korban bencana, ditemukan bahwa 82,8 persen responden mengatakan sudah pulih. Jadi, tidak hanya rekonstruksi fisik dan ekonomi yang terjadi, tetapi juga rekonstruksi sosial-politik.

Ketiga, adalah keselamatan dan keamanan.
Pemerintah harus mendorong adanya komunitas pencegahan bencana dimana warga disiapkan untuk siap setiap saat ketika terjadi gempa. Selain itu langkah antisipasi bencana kemudian dijadikan agenda nasional dengan mempersiapkan jaringan komunikasi yang lebih baik yang kondusif pada saat-saat darurat. Ini harus dilakukan mengingat kita sadar bahwa langkah pemerintah pada saat bencana terjadi sering dianggap lambat karena karena lemahnya sistem komunikasi darurat. Keterlambatan ini bisa menjadi fatal karena akibat lambatnya penanganan dan sitem komunikasi akan membuat semakin banyaknya korban yang tidak dapat tertolong.

Contoh Jepang yang telah menerapkan Perbaikan sistem ini dan ternyata berhasil yaitu ketika Oktober 2004 lalu, Niigata dihantam gempa. Dalam tujuh menit, angkatan bersenjata Jepang sudah bertindak dan 30 menit kemudian informasi sudah terkumpul. Lalu, pemerintah provinsi lainnya, Hyogo, langsung mengirim ahli pemulihan gempa, pembangunan perumahan darurat, menilai tingkat bahaya rumah yang rusak, menyediakan tim kesehatan, serta pelayanan spiritual dan psikologi.

Model penyuluhan gempa
Masyarakat dituntut harus lebih sadar dan waspada bahwa betapa bencana setiap saat mengancam dan untuk itu diberikan Model penyuluhan untuk mengahadapi bencana seperti letusan gunung atau gempa. Langkah-langkah praktis dalam menghadapi bencana harus dikenalkan di sekolah-sekolah dasar, hingga keseluruh kelurahan bahkan masyarakat terpencil yang banyak tersebar di Negara kita termasuk bagi setiap warga asing yang akan tinggal di Indonesia. Selain berupa peragaan, harus juga dibikin dan disebarkan buku kecil yang berisi prosedur darurat gempa dalam bentuk gambar dan tulisan yang singkat, padat, menarik, dan mudah dipahami.

Sebagai contoh, di Jepang, diajarkan bahwa langkah pertama adalah mencari selamat dengan diam di bawah meja dengan bantal di atas kepala. Ini dimaksudkan untuk melindungi kepala dari benda-benda yang mungkin jatuh dan mengenai kepala kita. Ini berbeda dengan di Indonesia, yang terbiasa langsung lari keluar gedung atau rumah yang ditujukan untuk menghindari reruntuhan. Selain itu, di Jepang, sebagian dari mereka juga dianjurkan untuk cepat membuka pintu, namun hanya untuk mempermudah akses keluar setelah gempa berhenti, dan bukan untuk lari keluar gedung.

Langsung keluar gedung dianggap lebih beresiko, daripada diam di bawah meja. Ini mengingat banyaknya gedung-gedung tinggi di Jepang. Bila api kompor masih menyala, sangat dianjurkan untuk lebih dulu mematikan gas, dan kalau api sudah mulai menyala besar sebagai tanda kebakaran mereka mesti mematikan dengan pemadam kebakaran yang harus disediakan di setiap rumah. Dalam buku kecil tersebut juga dijelaskan soal tsunami. Ini dikhususkan bagi mereka yang tinggal di dekat pantai. Begitu terjadi gempa, langkah pertama harus mencari tempat atau lahan yang tinggi. Tsunami biasanya datang begitu cepatnya setelah gempa.

Seluruh prosedur seperti itu sudah mendarah daging pada masyarakat Jepang. Tentu ini merupakan salah satu keberhasilan program penyuluhan antisipasi gempa. Hal ini ditambah lagi dengan peran televisi yang selalu menyiarkan warning yang diberikan lembaga-lembaga riset yang ada. Begitu terjadi gempa, dalam kurang dari dua menit telah ada tulisan di setiap program TV bahwa telah terjadi gempa dengan rincian kekuatannya. Tidak hanya gempa, bencana angin taifu juga selalu mengancam. Namun, angin taifu dapat lebih dini terdeteksi dan disiarkan TV seminggu sebelumnya. Pergerakan angin taifu di pasifik selalu diperlihatkan di layar TV setiap saat, sehingga kita tahu dimana posisi angin taifu. Artinya, masyarakat memang telah disiapkan untuk menghadapi bencana, dengan sistem deteksi dini, sistem diseminasi informasi, serta prosedur standar saat terjadi bencana.

Seperti itulah seharusnya sikap kita dalam menghadapi bencana yang terjadi mengingat bencana adalah kawan kita yang harus dimengerti dan dipahami apa maunya karena kita tidak bisa melawan kekuatan alam yang maha dahsyat, bukan dengan bertahan karena belum ada wangsit atau hal-hal berbau mistik yang biasanya dikaitkan dalam suatu bencana yang terjadi seperti yang masih banyak dipercaya di negeri kita ini.

Kearifan Lokal itu perlu namun kearifan lokal yang tidak didiringi dengan ilmu pengetahuan yang biasannya malah menyesatkan.

Karena itu, hikmah terbesar yang bisa kita ambil dari kasus bencana seperti gempa dan letusan gunung berapi ini adalah bahwa pemerintah Indonesia harus mulai sadar tentang pentingnya mitigasi bencana alam. Dari mulai sistem deteksi dini yang memang mengandalkan riset, sistem informasi darurat, manajemen rehabilitasi bencana alam, serta penyuluhan bencana alam. Bukan dengan selalu membuat alasan bahwa setiap bencana yang terjadi tidak sama dengan bencana bencana yang telah terjadi dahulu. Sebenarnya kita tahu kok bencana apa saja yang selalu mengancam negeri ini. Gempa, tsunami dan Letusan gunung sudah menjadi tema bencana biasa di negeri ini. Jadi ya sama saja. Namun mengapa kita selalu belum siap jika bencana yang sama datang? Ya karena kita tak pernah mempersiapkan dengan serius dan terencana akan hal itu.

Bencana memang di luar kehendak kita, sehingga yang bisa kita lakukan adalah memaksimalkan usaha antisipasi untuk meminimalkan dampak. Tentu, harapan kita adalah bahwa konstruksi fisik, sosial ekonomi, dan politik Bencana mesti bisa lebih baik dari sebelumnya.

Diakhir tulisan ini saya hanya akan mengajak bahwa mulai saat ini selain dari memaksimalkan usaha dalam mitigasi bencana diatas, saya mengajak agar kita lebih sadar dengan lebih berintrospeksi ke dalam diri kita masing-masing. Sebagai orang beragama, Upaya Beribadah, memperbanyak amal baik harus semakin ditingkatkan karena bilamana terjadi bencana yang tidak bisa kita hindari lagi dan kita hanya bisa pasrah atas kehendaknya, sekalipun kematian menghampiri kita, kita sudah siap dengan amal ibadah yang kita punya.

Peluang Bisnis Modal Minimal Hasil Maksimal Bonus Profit 3X Sehari setiap hari  ««  KLIK DISINI   «« 

Baca juga yang ini



Comments :

51 komentar to “Berkawan Dengan Bencana”

terimakasih sudah berbagi
semoga sukses selalu..
kunjungi saya di..
BLOG SAYA
lirik juga..
REPOSITORY

handout said...
on 

mas, saya mau ajukan tukaran link. Link anda sudah terpasang di www.emzeth.com. mohon kesediaannya bua tpasang balik ya...

URL:http://www.emzeth.com/
Nama: Emzeth

Emzeth said...
on 

thanks mas atas tipsnya

mobil pengantin said...
on 

Good Job friend

bola online said...
on 

salam kenal mas

obat kuat lelaki said...
on 

sudah beberapa hari ini saya nggak blogwalking

justin bieber pray said...
on 

TIKET PESAWAT MURAH | Kamera CCTV | Wireless Portable Sound System | HARGA EMAS | LOGAM MULIA

Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah
Bejubel Market Place Terbaik Indonesia
Ezytravel - Shanghai Modern Taikang Lu
Ezytravel - Mengalami Empat Musim Di Australia Great Ocean
Ezytravel - 15 Tempat Menarik di Cina Yang Bukan Tembok Besa
Ezytravel - Jatuh Cinta Pada Pulau Jeju

Tiket Pesawat Murah said...
on 

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

obat pelangsing alami said...
on 

Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

obat kurus said...
on 

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

obat pelangsing herbal said...
on 

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

cara melangsingkan perut said...
on 

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

obat pelangsing tubuh said...
on 

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

obat menurunkan berat badan said...
on 

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

tips menurunkan berat badan said...
on 

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimakasih

golden lish said...
on 

Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

golden noni tea said...
on 

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

golden tissue said...
on 

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

golden tissue indonesia said...
on 

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

kopi golden coffee said...
on 

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

good coffee premium said...
on 

Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

kopi good coffee said...
on 

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

kopi good coffee premium said...
on 

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

cara cepat hamil said...
on 

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

penyebab haid tidak lancar said...
on 

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

haid tidak teratur said...
on 

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

ingin hamil said...
on 

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

inti kk said...
on 

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

masa subur said...
on 

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

menstruasi said...
on 

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

menstruasi tidak teratur said...
on 

Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

obat pelancar haid said...
on 

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

siklus menstruasi said...
on 

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

obat kanker otak said...
on 

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

kanker prostat said...
on 

Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

obat kanker rahim said...
on 

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimaksih

kanker serviks said...
on 

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

obat kanker payudara said...
on 

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

obat kanker said...
on 

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

keladi tikus said...
on 

Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

kapsul keladi tikus said...
on 

Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

jual kopi luwak said...
on 

Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

cara menghilangkan selulit said...
on 

Sangat Amazing Artikel dan Info. Wajib di coba.

selulit said...
on 

Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sanagt bermanfaat.

obat selulit said...
on 

Temulawak | Packaging Solution | UPVC WINDOW | Kamera CCTV | Jual CCTV | Pasang CCTV | Minuman Suplemen | Tiket Pesawat Murah

Anonymous said...
on 

Artikelnya bagus mas bro..
seharusnya kita mmg belajar banyak dari jepang
harapanya antisipasi thd bencana bisa lebih responsive.

numpang masang link mas bro:

Sehat Cantik

Bonos said...
on 

nice post gan, keep smile aja.

Backlink Terbaru said...
on 

Obat Gonore
Cara Mengobati Gonore atau kencing nanah
Gonore atau Kencing nanah
Cara Mengobati Gonore
pemesanan
cara mengobati wasir ampuh 100
obat herbal wasir
obat wasir ambeclear
obat wasir setelah melahirkan anak
Obat Ampuh Gonore
jual obat wasir ampuh menyembuhkan
obat diabetes mellitus manjur
ramuan alami obat kanker
cara atasi wasir ampuh
obat ambeien berbentuk salep
obat salep ambeien yang bagus
obat diabetes mellitus yang manjur
macam macam obat herbal wasir atau
pengobatan pasca operasi ambeien
obat ambeien dari tumbuhan alami

wasir ambeien said...
on 

kunjungi balik yaaa :)
Obat Wasir Ampuh
Cara mengobati Wasir
Obat Ambeien
Obat Wasir Pria Dan Wanita

Obat Wasir said...
on 

wah info yang anda berikan sungguh berguna sekali,makasih yah saya jadi terbantu
dengan ada nya ini bakalan saya share deh! makasih :)
Jual Poster A3
Maenbos News

anakcerdas said...
on 

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

KISAH SUKSES IBU HERAWATI said...
on 

Post a Comment

Your Comment here

Article List

9 Tips Agar Hidup Lebih Bahagia

Teori Tentang 5 Orang (Baca, Renungkan dan dapatkan Pesan Berharga)

5 Tips Wujudkan Mimpi Dalam 30 Hari

Rahasia Jabat Tangan untuk Meraih Kesuksesan

Keajaiban Marci Shimoff – “Give – Away Game”

SUKSES ADA DI PIKIRAN ANDA

TDW Mastery - Membuat Nilai Tambah dalam Bisnis

5 Tips Sederhana Tingkatkan Kepercayaan Diri

Berkawan Dengan Bencana

Dahsyat!! Bisnis Ini Telah Menghasilkan Rp. 1.000.000,-

Temukan Alasan Terkuat Untuk Menang

Ada Raksasa Dalam Diri Kita

Ingin Sukses dan Kaya Raya seperti Aristotle Onassis?

Memperbaiki TV Projection Toshiba 43V7DE

Hadapi dengan Senyuman

Cara Mudah Meningkatkan Daya Ingat Kita

Rahasia Pintar Orang Yahudi

Pengingkaran diri dalam kehidupan sehari-hari

Apakah EQ atau Kecerdasan Emosi itu?

Kisah Dua Orang Pegawai

The Power Within (Kekuatan didalam diri Anda)

Saat Kalian Tertidur…..

Sukses Dimulai Dengan Keharusan

Gempa Bumi Tasikmalaya dan Introspeksi Diri

Si Pencuri Kue

Coba Renungkan Puisi Ini…

Aku Mau Mama Kembali - Sebuah kisah teladan dari negeri China

Enyahkan Mitos yang Menghambat Anda

Dua Konsep Kesuksesan ini Harus Seimbang

Hukum Pygmalion (Hukum Berpikir Positif)

Menunggu Sampai Benar-benar Terasa Sangat Menyakitkan.

Apa Pekerjaan Anda?

Failure (Kegagalan)

Mbah Surip, Biarkan Indonesia Mengenang Mu

Waktu (Tidak) Akan Menyembuhkan

2 Kunci Sukses Sederhana

Bersyukurlah atas dirimu apa adanya...

Membeli kebahagiaan dengan uang, cukupkah?

Visualisasikan Tujuan dan Keinginan Anda

5 Pembunuh Motivasi

Pilihan ada ditangan Anda

Indonesia Ku, Teror, Bom Bunuh diri dan Kuatnya Pengaruh Kata-kata

Nyanyian Seorang Kakak

Promise Yourself (Berjanjilah pada Dirimu)

Luangkan Waktu Untuk Relaksasi

Berhentilah Berdalih

Blog ini sudah DoFollow

Stop DREAMING Start ACTION

Awali Hari dengan Lagu Penggugah Semangat

Hati-hati dengan Comfort Zone

Melepaskan Sakit Hati

Kesempatan Kedua (Second Chance)

Prita Mulyasari Korban Arogansi Keadilan dan Kemanusiaan

Membayar Harga untuk Sukses

Jadilah Yang Terbaik

Tiga Kata Ajaib (The Three Magic Words)

Make Your Dreams Come True

Mengatasi Error Pada Acer Aspire 4315

Award dari Sahabat

Anything Is Possible

US$ 100,000 Success Secret

Rahasia Menciptakan Keberuntungan

Membangun Motivasi Diri

Template Modif Magazine R1-2 Kang Rohman

Gatutkaca Juga Punya Cinta

Orang Tangguh Pantang Mengeluh

Nasehat elang kepada anaknya

Siapa Yang Mendorong Saya ?

Mengejar Impian atau Mengejar Mimpi ?

Petuah Seorang Indian Kepada Anaknya

FOKUS..FOKUS..FOKUS

Mempercantik Tampilan Blog

Syeh Puji Antara Pedofil dan Rahasia Kekayaan

Kisah Ponari Sang Dukun Cilik dari Jombang dan Kaitannya dengan Efek Sugesti

Sekilas Tentang The Secret

Blog Archive