do follow

16.3.09

KISAH PONARI SANG DUKUN CILIK DARI JOMBANG DAN KAITANNYA DENGAN EFEK SUGESTI

motivasi diri


Fenomena Ponari sang dukun cilik dari Jombang terus bergulir. Ponari yang lugu sebagai anak kampung biasa kini berubah bak selebritis, penuh popularitas di tunggu banyak orang dan wartawan yang membutuhkan berita. Pendapatannya pun meningkat dari mengobati ribuan pasien yang berobat padanya. Menurut informasi yang beredar Ponari bisa mendapatkan uang Jutaan rupiah setiap harinya. Cerita berawal dari seorang anak kelas 3 SD asal Jombang bernama Ponari yang menemukan batu Petir saat dirinya bermain hujan. Suatu ketika ada tetangganya yang sakit dan meminta bantuan Ponari. Ponari mencelupkan batu tersebut pada air dan meminumkannya, entah kebetulan entah bukan tetengganganya sembuh dan sejak saat itu menyebarlah berita tersebut dari mulut kemulut tentang kehebatan Ponari dan batu petirnya. Ribuan orang berbondong-bondong datang mengharapkan kesembuhan tuah tangan Ponari dan batu petirnya. Akibat membludaknya masyarakat yang datang hingga mengakibatkan jatuh korban jiwa karena berdesakan harus mengantri mendapatkan bagian pengobatan yang konon tidak mematok tarif jasa pengobatannya itu.


Ya ... fenomena batu petir milik Ponari sangat luar biasa, walupun hal itu tidak bisa dibuktikan secara medis tapi meski begitu tak menyurutkan niat masyarakat yang mau berobat pada Ponari. Disisi lain budaya masyarakat kita yang cenderung mau serba instan atau mungkin karena mahalnya biaya pengobatan secara medis sehingga lebih memilih pengobatan alternatif yang kadang jauh dari sains dan kebanyakan sulit diterima oleh akal sehat.

Himbauan Mentri Agama agar masyarakat tidak menggantungkan kesembuhan lewat media yang tak jelas supaya tidak terjadi penyelewengan aqidah pun tidak dihiraukan. Masyarakat masih saja mendatangi rumah Ponari untuk meminta pengobatan dari sang dukun cilik tersebut. Meskipun praktek pengobatan telah ditutup untuk sementara waktu dan masyarakat diminta pulang, tetap saja ada yang masih bertahan hingga menginap. Masyarakat juga mendatangi sekolah Ponari karena ponari sudah mulai masuk sekolah lagi, mereka sengaja datang karena takut kehilangan kesempatan mendapatkan pengobatan dari ponari hingga rela mengejarnya sampai sekolah. Tak cukup sampai disitu, masyarakat pun mengambil air dari sumur dikediaman Ponari bahkan air comberan di sekitar rumah Ponari tak luput menjadi sasaran media pengobatan.

Aneh memang, apakah sudah sedemikian rusak ahlak bangsa ini atau memang karena himpitan ekonomi sehingga mencari pengobatan murah yang jauh dari rasionalitas hingga menghalalkan segala cara dalam mencari sebuah kesembuhan? Ini mungkin menjadi pertanyaan dan agenda cukup berat bagi kita yang juga bagian bangsa ini untuk memperbaikinya dimana sebagian masyarakat kita memang kerap mempercayai hal-hal yang berbau magis.

Sebenarnya fenomena semacam Ponari ini jika dilihat dari tinjauan ilmiah adalah hal itu tidak lebih dari efek sugesti saja, dalam dunia kedokteran efek sugesti juga dikenal dengan nama efek placebo (bahasa latin : Saya menyenangkan ) yaitu dampak yang kadang menyembuhkan dari pengobatan pasif yang tergantung pada keyakinan pasien dan kemanjuranya. Para Dokter yang menggunakan efek ini biasanya memberikan obat –obatan atau suntikan yang sebenarnya tidak ada hubungan secara langsung dengan penyakit yang diderita pasien. Dokter biasanya hanya memberikan vitamin saja dan kadangkala dokternya bilang ”semoga lekas sembuh”, walhasil pasien merasa sudah diobati dan merasa baik yang nantinya membawa pada kesembuhan sebenarnya.

Disinilah letak efek itu bekerja dimana pikiran yang positif dari pasien ditambah keyakinan yang ada pada dirinya karena ” merasa sudah diobati”, maka gen-gen positif dalam tubuh yang membantu penyembuhan suatu penyakit bereaksi sehingga mengakibatkan meningkatnya sistem pertahan dan metabolisme tubuh.

Para ilmuwan dan dokter juga telah membuat semacam obat plasebo yang obatnya sendiri sama sekali tidak mengandung bahan obat-obatan. Obat placebo adalah obat yang memang tidak mempunyai pengaruh atau akibat apapun pada tubuh kita seperti pil gula dan sejenisnya. Dokter hanya mengatakan ke pasien bahwa obat ini adalah obat untuk penyakit yang dideritanya dan mempunyai efek menyembuhkan penyakitnya. Lalu apa yang terjadi adalah obat placebo mempunyao efek yang sama dalam menyembuhkan jika tidak lebih efeknya dibandingkan kadang kala dengan obat asli yang sebenarnya juga mempunyai efek yang sama. Disini jelas bahwa pemikiran manusia mempunyai peranan penting dalam kesembuhan penyakit bahkan bisa lebih baik hasilnya bukan diakibatkan oleh media seperti batu petir milik Ponari yang jika dikaji lebih dalam lagi tidak mempunyai dasar sains sama sekali.

Dalam kasus Ponari dan batu petirnya, mungkin saja kesembuhan yang dirasakan para pasien yang berobat padanya adalah dampak dari pemikiran positif dan keyakinan si pasien itu sendiri sehingga menimbulkan efek positif dalam tubuhnya seperti efek plasebo.

Dikisahkan juga dalam film the secret oleh Lee Brower seorang guru yang menemukan sebuah batu dijalanan, Lee kemudian berfikir bahwa setiap kali ia memegang batu itu maka dia akan memikirkan sesuatu yang dia sukuri. Maka setiap hari dia membawa batu itu dalam saku celananya. Setiap merogoh saku dia memegang batu itu dan mengucapkan sukur atau memikirkan sesuatu yang dia sukuri. Suatu saat temannya dari Afrika melihat batu itu terjatuh dari saku celananya lalu menanyakan batu itu. Lee kemudian menjelaskan batu tersebut adalah Batu penghargaan. Dua minggu kemudian Lee menerima email dari temannya dari afrika tersebut yang mengabarkan bahwa anak laki-lakinya menderita penyakit langka yang mematikan yaitu semacam penyakit hati /hepatitis dan meminta tolong untuk mengirimkan tiga batu penghargaan, Lee bilang tentu, batu tersebut dia temukan dijalanan, jadi bukan hal sulit. Lee kemudian mencari batu di pinggir sungai dan mengirimkan pada temannya tersebut. Lima bulan kemudian dia menerima email lagi dari temannya yang mengabarkan bahwa anaknya laki-laki semakin sehat dan dia baik-baik saja berkat batu penghargaan. Ya itulah efek seugesti untuk mempengaruhi pikiran dan keyakinan si pasien seperti fenomena Ponari dan batu petirnya.

Sebenarnya dalam masyarakat kita tersebar pengobatan alternatif yang sebenarnya tidak lebih dari efek plasebo atau pemberian sugesti kepada pasien. Dan masyarakat kita juga kerap mudah mempercayainya walau tanpa dasar medis sekalipun bahkan lebih cenderung bersifat magis. Ini merupakn cermin dari lemahnya pengetahuan dan kerusakan mental dari masyarakat kita.

Dalam upaya berikhtiar mencari kesembuhan bagi suatu penyakit adalah hak setiap manusia bahkan kita diwajibkan tidak berputus asa dalam mencapai kesembuhan, tapi alangkah lebih bijaksana sendainya kita lebih mengedepankan sisi rasionalitas dalam suatu pengobatan dan tidak mengharapkan pada keajaiban tanpa dasar ilmiah dan yang lebih jauh lagi malah membawa kita pada kemusyrikan karena menyandarkan kekuatan pada kekuatan selain Allah SWT.

Dari berbagai sumber.

Peluang Bisnis Modal Minimal Hasil Maksimal Bonus Profit 3X Sehari setiap hari  ««  KLIK DISINI   «« 

Baca juga yang ini



Comments :

41 komentar to “KISAH PONARI SANG DUKUN CILIK DARI JOMBANG DAN KAITANNYA DENGAN EFEK SUGESTI”

Saya masih penasaran sampai sekarang apakah benar yang dilakukan oleh ponari.

Pasang Iklan Baris said...
on 

haha..ada bnrnya juga..

John said...
on 

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

mencegah kehamilan said...
on 

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

masa subur wanita setelah haid said...
on 

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

ovutest scope said...
on 

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

penyakit katarak said...
on 

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

obat mata minus said...
on 

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

obat katarak said...
on 

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

obat glaukoma said...
on 

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

mata silinder said...
on 

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

penyakit mata said...
on 

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

katarak mata said...
on 

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

katarak said...
on 

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

mata rabun said...
on 

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

golden tissue said...
on 

boleh di coba tipsnya

golden tissue said...
on 

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

golden noni tea said...
on 

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

golden lish said...
on 

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

MenoHerbs said...
on 

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

prima setia said...
on 

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

prima setia said...
on 

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

cara menurunkan berat badan said...
on 

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

cara mengecilkan perut buncit said...
on 

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

cara melangsingkan tubuh said...
on 

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

cara melangsingkan badan said...
on 

Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

cara diet cepat said...
on 

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

diet menurunkan berat badan said...
on 

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

obat pelangsing tubuh said...
on 

Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

cara melangsingkan perut said...
on 

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

obat pelangsing herbal said...
on 

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

obat pelangsing alami said...
on 

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

obat kurus said...
on 

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

obat diet said...
on 

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Femmislim said...
on 

Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

tips menurunkan berat badan said...
on 

kunjungi balik yaaa :)
Obat Wasir Ampuh
Cara mengobati Wasir
Obat Ambeien
Obat Wasir Pria Dan Wanita

Obat Wasir said...
on 

Obat Neuroblastoma Herbal Alami Neuroblastoma merupakan salah satu jenis kanker yang cukup langka, penyakit ini berkembang dari neuroblasts atau sel-sel saraf yang belum matang pada anak-anak. Sebagian besar kasus neuroblastoma terjadi pada anak-anak dengan usia lima tahun ke bawah. Obat Gondongan di Apotik Obat gondongan terbaik adalah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi dan anti-virus sehingga dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh yang pada akhirnya mampu membasmi virus penyebab gondongan. Manfaat Vitamin B2 Atau Riboflavin Bagi Kesehatan Riboflavin merupakan vitamin yang larut air dan dapat diserap dengan baik, yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan manusia secara keseluruhan. Beberapa manfaat kesehatan utama Vitamin B2 Atau Riboflavin Bagi Kesehatan ada di bawah ini:

Kang Aceng said...
on 

Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

Unknown said...
on 

Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

Dave Thames said...
on 

KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

Ranyrxny said...
on 

KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

Ranyrxny said...
on 

Post a Comment

Your Comment here

Article List

9 Tips Agar Hidup Lebih Bahagia

Teori Tentang 5 Orang (Baca, Renungkan dan dapatkan Pesan Berharga)

5 Tips Wujudkan Mimpi Dalam 30 Hari

Rahasia Jabat Tangan untuk Meraih Kesuksesan

Keajaiban Marci Shimoff – “Give – Away Game”

SUKSES ADA DI PIKIRAN ANDA

TDW Mastery - Membuat Nilai Tambah dalam Bisnis

5 Tips Sederhana Tingkatkan Kepercayaan Diri

Berkawan Dengan Bencana

Dahsyat!! Bisnis Ini Telah Menghasilkan Rp. 1.000.000,-

Temukan Alasan Terkuat Untuk Menang

Ada Raksasa Dalam Diri Kita

Ingin Sukses dan Kaya Raya seperti Aristotle Onassis?

Memperbaiki TV Projection Toshiba 43V7DE

Hadapi dengan Senyuman

Cara Mudah Meningkatkan Daya Ingat Kita

Rahasia Pintar Orang Yahudi

Pengingkaran diri dalam kehidupan sehari-hari

Apakah EQ atau Kecerdasan Emosi itu?

Kisah Dua Orang Pegawai

The Power Within (Kekuatan didalam diri Anda)

Saat Kalian Tertidur…..

Sukses Dimulai Dengan Keharusan

Gempa Bumi Tasikmalaya dan Introspeksi Diri

Si Pencuri Kue

Coba Renungkan Puisi Ini…

Aku Mau Mama Kembali - Sebuah kisah teladan dari negeri China

Enyahkan Mitos yang Menghambat Anda

Dua Konsep Kesuksesan ini Harus Seimbang

Hukum Pygmalion (Hukum Berpikir Positif)

Menunggu Sampai Benar-benar Terasa Sangat Menyakitkan.

Apa Pekerjaan Anda?

Failure (Kegagalan)

Mbah Surip, Biarkan Indonesia Mengenang Mu

Waktu (Tidak) Akan Menyembuhkan

2 Kunci Sukses Sederhana

Bersyukurlah atas dirimu apa adanya...

Membeli kebahagiaan dengan uang, cukupkah?

Visualisasikan Tujuan dan Keinginan Anda

5 Pembunuh Motivasi

Pilihan ada ditangan Anda

Indonesia Ku, Teror, Bom Bunuh diri dan Kuatnya Pengaruh Kata-kata

Nyanyian Seorang Kakak

Promise Yourself (Berjanjilah pada Dirimu)

Luangkan Waktu Untuk Relaksasi

Berhentilah Berdalih

Blog ini sudah DoFollow

Stop DREAMING Start ACTION

Awali Hari dengan Lagu Penggugah Semangat

Hati-hati dengan Comfort Zone

Melepaskan Sakit Hati

Kesempatan Kedua (Second Chance)

Prita Mulyasari Korban Arogansi Keadilan dan Kemanusiaan

Membayar Harga untuk Sukses

Jadilah Yang Terbaik

Tiga Kata Ajaib (The Three Magic Words)

Make Your Dreams Come True

Mengatasi Error Pada Acer Aspire 4315

Award dari Sahabat

Anything Is Possible

US$ 100,000 Success Secret

Rahasia Menciptakan Keberuntungan

Membangun Motivasi Diri

Template Modif Magazine R1-2 Kang Rohman

Gatutkaca Juga Punya Cinta

Orang Tangguh Pantang Mengeluh

Nasehat elang kepada anaknya

Siapa Yang Mendorong Saya ?

Mengejar Impian atau Mengejar Mimpi ?

Petuah Seorang Indian Kepada Anaknya

FOKUS..FOKUS..FOKUS

Mempercantik Tampilan Blog

Syeh Puji Antara Pedofil dan Rahasia Kekayaan

Kisah Ponari Sang Dukun Cilik dari Jombang dan Kaitannya dengan Efek Sugesti

Sekilas Tentang The Secret

Blog Archive